8 September Dunia Dalam Peristiwa - Catatan Sejarah Peristiwa Dunia dalam 8 September


Hari ini Tepat tanggal 8 September ya – Yuk Kilas Balik menengok Peristiwa Peristiwa Sejarah apa saja yg terjadi pada Dunia ketika tanggal 8 September ini. 

Cukup Menarik Mengulas Kisah Kisah Sejarah 8 September Dunia Dalam Peristiwa - Sejarah Kelahiran Peristiwa Hari Kemerdekaan & Hari Peringatan.

8 September Dunia Dalam Peristiwa - Catatan Sejarah Peristiwa Dunia dalam 8 September.

Mengulas Kilas Balik - Menengok kembali Sejarah, tentunya bisa menambah Wawasan tentang Perjalanan Kisah Dunia dalam Peristiwa yang terjadi tepat pada tanggal 8 September


Nah Peristiwa apa saja yang terjadi ketika tepat tanggal 8 September ? Yuk Simak Ulasan di Bawah ini :

8 September 1966 - Hari Aksara Internasional
8 September Di tetapkan sebagai Peringatan Hari Aksara International oleh UNESCO, Jadi tepat Hari ini adalah di Peringati Sebagai Hari Aksara Internasional atau International Literacy Day.

Peringatan Hari Aksara Internasional ditetapkan UNESCO sejak tahun 1966. Saat itu, masih banyak penduduk dunia yang belum mengenal aksara. Penduduk Indonesia juga banyak yang belum bisa membaca. Itu artinya mereka juga tidak bisa membaca atau buta huruf. Padahal membaca sangat banyak gunanya bagi kehidupan kita.

8 September - Hari Pamong Praja Nasional.
Juga di Peringati Sbg Hari Pamong Praja Nasional.
Bila merujuk pada peraturan perundang-undangan maka yang masuk kategori Korps Pamong Praja adalah mereka yang dididik secara khusus untuk melayani masyarakat serta konsisten menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Dalam bentuk jabatan-jabatan, sebutan pamong praja ditujukan antara lain para Lurah, Camat, Polisi Pamong Praja, Asisten Sekda, serta Sekretaris Daerah, ditambah dengan SKPG (Satuan Kerja Perangkat Gubernur) sebagai tindak lanjut dari PP Nomor 19 Tahun 2010.

8 September 551SMHari Lahir Kong Hu Cu ( Wafat 479 SM )

Adalah Seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filosuf sosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan Pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Oleh para Pemeluk Agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai Utusan Tuhan.

Pengaruh Kong Hu Cu terhadap peradaban Tiongkok tidak boleh dianggap Remeh, ajarannya telah meluas ke Jepang, Korea dan Vietnam, khususnya melalui Konfusianisme, doktrin yang dikembangkan murid-muridnya dan para komentator. Buku Analek adalah sebuah karya singkat yang berisi diskusi dan pembicaraannya dengan murid-muridnya.

Kong Hu Cu atau Konfusius, kadang-kadang sering hanya disebut Kongcu (Hanzi: 孔夫子、孔子, hanyu pinyin: Kongfuzi、Kongzi) (551 SM – 479 SM) adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok.

Pengaruh Kong Hu Cu terhadap peradaban Tiongkok sangatlah Penting, Ajarannya telah meluas ke Jepang, Korea dan Vietnam, khususnya melalui Konfusianisme, doktrin yang dikembangkan murid-muridnya dan para komentator.

8 September 20 SM - Hari Lahir Bunda Maria.
Menurut Umat Kristiani di Peringati sebagai Hari Lahirnya Bunda Maria. Beliau adalah ibunda Yesus ( Nabi ISA AS ) Menurut sumber-sumber non-kanonik, orangtuanya bernama Yoakhim dan Anna. Sebuah catatan dalam Talmud mengatakan bahwa nama ayahnya adalah Heli atau Eli, yang disebutkan dalam silsilah menurut Lukas.

Sedangkan Menurut Al-Qur'an ( Dalam Ajaran Umat Islam ) Bunda Maria di sebut juga Bunda Sayyidatina Siti Maryam, Seorang Wanita Suci Bahkan termasuk Wanita Wanita Sholehah yang mempunyai Derajat Agung di sisi Gusti Alloh karena Ketaatannya Beribadah Kepada Alloh yang tdk bersuami tetapi di karuani mempunyai Anak ( Yaitu Melalui Ijin Gusti Alloh Beliau Melahirkan Nabi ISA AS

Ayahanda Bunda Maryam adalah Imran, yang namanya diabadikan dalam Surah Ali Imran. Sedangkan bunda Maria ( Siti Maryam ) di abadikan dalam Surat Al Maryam pada Al Qur’an. Bunda Maria, yang saat itu seorang perawan, mengetahui dari malaikat Gabriel, utusan Alloh, bahwa ia akan mengandung Yesus Atau Nabi Isa AS, melalui mukjizat dari Roh Kudus. Lukas 1:48,

Bunda Maria banyak Di Agungkan di kalangan orang Kristen, khususnya di lingkungan Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks. Bidang teologi Kristen yang berhubungan dengannya disebut Mariologi.

Universitas Harvard di didirikan tepat tanggal 8 September di USA, Universitas Harvard (bahasa Inggris: Harvard University) adalah Universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu Universitas terbaik dunia.

Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge. Rujukan terawal yang memanggil Harvard sebagai "Universitas" dan bukan "College" terjadi pada tahun 1780.

Pertempuran Warsawa antara pasukan Polandia dan Rusia di Warsawa, Polandia berakhir. Pertempuran yang terjadi selama dua hari dan menjadi bagian dari Perang Polandia-Rusia itu berakhir dengan kemenangan Rusia.
  
Selama Perang Dunia ke II, Pasukan Jerman mulai mengepung Kota Leningrad (sekarang Saint Petersburg) di Uni Soviet ( Rusia ). Pengepungan Jerman atas kota Leningrad berlangsung sekitar 900 hari, hingga 18 - 27 Januari 1944 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Uni Soviet yang berhasil memukul mundur pasukan Jerman. Pengepungan Leningrad merupakan pengepungan terbesar sepanjang sejarah dengan menewaskan lebih dari 1 juta orang.

Petinggi militer Amerika Serikat (AS) Jenderal Dwight D. Eisenhower—orang yang lantas menjadi presiden ke-34 AS—mengumumkan bahwa Italia telah menyerah kepada Sekutu dalam Perang Dunia II. Pengumuman Eisenhower itu dilontarkan setelah Benito Mussolini digulingkan dari jabatannya sebagai perdana menteri Italia.

Southeast Asia Treaty Organisation (SEATO) atau Fakta Pertahanan Asia Tenggara ditandatangani di Manila, Filipina. Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Negara anggota SEATO antara lain Australia, Prancis, Selandia Baru, Thailand, Pakistan, Filipina, Britania Raya, dan Amerika Serikat (AS). SEATO lantas dibubarkan pada 30 Juni 1977.

Satelit Surveyor 5 diluncurkan dan mendarat di bulan pada tanggal 11 September di mana ia membuat pengukuran kimia pertama langsung dari permukaan bulan.

Tentara Iran menembak mati sekitar 88 orang demonstran yang menginginkan Revolusi di negara tersebut. Karena terjadi pada hari Jumat, peristiwa tragis itu kini dikenang dengan nama Jumat Hitam.
  
Alecia Beth Moore lahir di Doylestown, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi ternama dengan nama panggung Pink. Sebelum menjadi penyanyi solo, Pink merupakan anggota grup musik Choice dari 1995 hingga 1998.

Gylfi Thor Sigurdsson lahir di Reykjavik, Islandia. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, yakni Everton. Sebelumnya, Sigurdsson pernah membela klub besar lainnya di Inggris, yakni Tottenham Hotspur dari 2012 hingga 2014.

Makedonia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Yugoslavia. Meski demikian, kemerdekaan Makedonia baru diakui PBB pada 8 April 1993.

8 September 1914
Dalam rangkaian manuver yang disebut “perlombaan ke laut” dalam Perang Dunia I, benteng Maubeuge, di perbatasan utara Prancis, jatuh ke tangan Jerman.

8 September 1760
Selama Perang Perancis dan India, komandan Inggris Jeffrey Amherst menguasai Montreal dan mengamankan kekuasaan Inggris atas Kanada.

8 September 1565
Pedro Menendez de Avilés meresmikan pembangunan benteng di Saint Augustine, Florida, yang menjadi pemukiman Eropa permanen pertama di Amerika Utara.

8 September 1522
Ekspedisi pertama untuk mengelilingi dunia, yang telah dimulai di bawah pimpinan Ferdinand Magellan tiga tahun sebelumnya, kembali ke Seville dengan hanya 17 orang Eropa dan 4 orang Hindia Timur yang masih hidup; setelah kematian Magellan, ekspedisi ini dipimpin oleh Juan Sebastián del Cano.

8 September 1504
Patung marmer David (5,4 m) buatan Michelangelo selesai dan dipasang di depan pintu masuk utama ke Palazzo Vecchio (Piazza della Signoria) di Florence.

8 September 1784 - Galaksi NGC 16 ditemukan oleh William Herschel.

8 September 1991 - Adalah Republik Makedonia di Proklamasikan.

8 September 1994 - Sebuah Boeing 737 milik USAir Penerbangan 427 jatuh saat mendekati Bandara Internasional Pittsburgh. Tidak ada yang selamat dari 132 penumpang dan awak.

8 September 2013 - Bertempat di Jalan Tol Jagorawi KM 8,2, Abdul Qodir Jaelani (disingkat AQJ) terlibat dalam kecelakaan maut yang menewaskan 6 orang (kemudian 7) dan menghancurkan 3 mobil termasuk mobil yang dikendarainya.

8 September 2013 - Pembukaan Miss World 2013, bertempat di Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

8 September 2014 - Dimulainya ajang pencarian bakat anak di SCTV yaitu La Academia Junior Indonesia.

Di Kutip dari berbagai Sumber,
Bagi Sobat Sobat yang ingin menambahkan Kejadian Peristiwa Penting - Catatan Sejarah Peristiwa Dunia 8 September, kami sangat berterima kasih & tentunya terbuka lebar ( Untuk Menambah Wawasan Ensklopedia Bersama ) - Silahkan Dapat Berkomntar di bawah atau dapat mengirim Email ke psm.center.community@gmail.com. Terima Kasih

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Tranding Topic Today